Mungkin KELAUTAN Adalah Jawabannya (bagian 3)

Hai! Gw Casandra, mahasiswi Ilmu Kelautan dari Universitas Sriwijaya, Palembang. Gw bukan orang Palembang, gw merantau seorang diri tanpa satupun keluarga disini. Sekarang gw udah masuk semester 6. Insya Allah wisuda tahun 2016. AMIN.
Sekarang gw bakal sharing tentang beberapa materi kuliah yang dipelajari mahasiswa Ilmu Kelautan.. Ini penting banget, terutama buat adek-adek yang masih galau mau kuliah di jurusan apa :)
di post sebelumnya, gw udah nyeritain berbagai mata kuliah pas semester 1 sampe 3.
 
Berarti sekarang kita lanjut ke Semester 4 ya...
Mata kuliah di semester ini diantaranya Budidaya Laut, Ikhtiologi, Geologi Laut, Meteorologi, Dasar-Dasar Akustik, Oseanografi Kimia, Hukum Laut dan Konservasi Mangrove. Disini tambah seru dan berasa banget "laut"nya loh! Budidaya laut, mempelajari teknik budidaya berbagai jenis ikan konsumsi dengan berbagai jenis pembudidayaannya, misalnya keramba jaring apung untuk ikan kerapu. Materi ini bakal dikupas tuntas deh pokoknya! Kita jadi berasa calon pengusaha, hehehe........
Ikhtiologi mempelajari taksonomi ikan, ciri morfologi dan anatomi, fisiologi, cara makan, berkembangbiak, beruaya/migrasi, dan semua hal yang berhubungan dengan ikan. Karena Ikhtiologi artinya memang ilmu yang mempelajari tentang ikan :) Kalau Geologi Laut mempelajari tentang batuan dan ilmu bumi yang berkaitan dengan kelautan, mulai dari jenis-jenis batuan dan letaknya, proses pembentukan gunung dan palung laut, macam-macam lempeng bumi, mekanisme pergeseran lempeng, hingga ke akibat yang ditimbulkan dari pergerakan-pergerakan tersebut, seperti gempa bumi dan tsunami misalnya. Seru kan??
Ini belum seberapa serunya dibandingin sama Meteorologi . Bisa dibilang, kita disini belajar tentang fisika atmosfer. Ilmu fisika dasar kita dari SMA bakal kepake banget di bidang ini. Soalnya meteorologi tuh ngebahas tentang dinamika atmosfer dan anomali cuaca berikut hubungannya dengan tinggi gelombang, kecepatan gelombang, pergerakan angin, arus, curah hujan, salinitas maupun penguapan. Gw aja baru tau kalo ternyata cuaca tuh salah satu faktor utama yang "menghidupkan" laut. Banyak banget pengaruh cuaca dan atmosfer terhadap lautan. WAW. seru deh!

Ada juga kuliah Dasar-Dasar Akustik. Jangan salah nalar ya, akustik disini bukan alat musik. Melainkan gelombang suara. well sama-sama suara sih.. hehe.. Kenapa kita belajar tentang gelombang suara? Ini hubungannya dengan perikanan tangkap loh. Akustik tuh sebenernya untuk mempermudah pekerjaan menangkap ikan. Soalnya, gelombang suara dapat digunakan buat mendeteksi gerombolan ikan di kolom perairan. Pada dasarnya, gelombang suara itu dapat dipantulkan kalau mengenai suatu objek. Nah, prinsip inilah yang dipake untuk pendeteksian objek di bawah laut. Tapi jangan dikira gampang yaa Akustik ini. Sesuatu yang terlihat sederhana bisa aja lebih kompleks dari keliatannya. Hati-hati... hehehehe..

Kemudian ada juga matkul Oseanografi Kimia. Sama aja kayak Pengantar Oseanografi yang gw jelasin di post sebelumnya. Bedanya, ini lebih spesifik mengarah ke parameter kimia perairan, kayak salinitas, komposisi kimia perairan dan nutrien. Cocok banget buat yang hobi kimia. Kebetulan gw nggak -____-" haha. Selain mempelajari sains, anak kelautan juga mesti pinter menghapal. Karena disini kita juga mempelajari Hukum Laut. Sama aja kayak anak hukum yang mempelajari undang-undang dan berbagai sanksi pelanggaran, tapi bedanya ini tentang laut semua :)

Terus ada juga Konservasi Mangrove. Namanya juga konservasi, yang artinya melindungi; upaya menjaga suatu spesies dari ancaman kepunahan, berarti kita belajar teknik-teknik untuk menjaga kelestarian hutan mangrove kita. Mungkin ada yang belum tau apa itu mangrove. Kalo kebanyakan orang sih lebih kenal dengan bakau daripada mangrove. Tapi itu mengarah ke objek yang sama kok, cuma sebutannya aja yang beda. FYI, mangrove tuh merupakan zonasi tumbuhan laut yang hidup di daerah pasang surut pantai berlumpur. Jadi, mangrove berperan banget sama pencegahan abrasi dan penyelamatan garis pantai. Soalnya, akar mangrove tuh bisa memerangkap sedimen, sehingga kita ga akan terancam kehilangan pantai akibat pasir yang tergerus air laut. Makanya, mangrove penting untuk kita selamatkan.
Oke, sekarang udah mulai ada bayangan kan tentang Ilmu Kelautan?? seru kan??
Untuk mata kuliah di semester 5 bakal gw ceritain panjang lebar luassssss di post berikutnya ajaa!
Gw udah capek banget ngetik, udah jam 1 pagi juga.. haha
Jangan takut nentuin pilihan. Masa depan tuh lo yang milih, bukan orang lain! okeee?
Gw tunggu lo di UNSRI...!!


salam
JALES VEVA JAYA MAHE
Indralaya & Palembang

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan