Mungkin KELAUTAN Adalah Jawabannya (bagian 1)

Prolog______Sekarang ini pastinya anak2 SMA yang duduk di tingkat 3 lagi sibuk-sibuknya belajar buat persiapan ujian perguruan tinggi. Mungkin banyak yang masih bingung nentuin pilihannya, entah itu universitasnya ataupun jurusannya. Hal kayak gitu wajar banget, soalnya dulu gw juga bener-bener galau nentuin pilihan. Tapi yang pasti waktu itu gw bertekad untuk tembus SNMPTN tulis (waktu jaman gw itu namanya (2012)). Bukan karena alasan gengsi yang utama, tapi karena gw tau kalo keluarga gw ga bakalan punya duit buat bayarin kuliah seandainya gw ngampus di PTS. Well.. itu sedikit cerita aja ya..

Kenapa gw pilih KELAUTAN?

Walaupun awalnya gw bercita-cita jadi dokter hewan-dimana cita-cita gw itu ga disetujuin sama bokap nyokap-, tapi gw tetep nentuin opsi kedua yang kira-kira bakal disetujuin dan yang sangat gw minati pastinya. Opsi kedua itu adalah Ilmu Kelautan. Ga ada satupun keluarga besar gw yang merupakan sarjana kelautan (penulisan gelarnya: S, Kel.). Bahkan bokap nyokap juga bener-bener blank dengan jurusan yang gw pilih itu. Tapi gw tetep optimis kalo masa depan gw bakalan cerah di bidang ini! Nyokap dukung banget, dan gw terus berusaha ngeyakinin bokap dengan beberapa alasan sederhana:

1. Dunia ini didominasi oleh LAUT, bukan oleh daratan! Dengan fakta yang kaya gini, pastinya peluang kita untuk sukses di bidang kelautan akan lebih besar dibanding bidang-bidang lainnya diluar yang berhubungan dengan laut!

2. Negara INDONESIA pada dasarnya adalah negara MARITIM! itu perlu diingat! Jika sekarang tidak terdengar gaungnya, bukan berarti kemaritiman telah mati, melainkan hanya tertidur dan menunggu kekuatan pemuda/i Indonesia untuk membangunkannya!

3. Sumber kekayaan terbesar adalah LAUT! (mineral, perikanan tangkap, pariwisata, budidaya, dsb).

Well... Alasan sederhana kayak gitu akhirnya berhasil ngeyakinin bokap gw

Singkat cerita, dengan perjuangan belajar gw yang total banget dan mati-matian, akhirnya gw tembus SNMPTN tulis di ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA (Palembang). Percaya sama gw, lo ga bisa belajar main-main buat ujian ini. Lo mesti belajar terus-terusan dari pagi sampe malem selama berminggu-minggu. Tapi apa yang lo dapet di akhir nanti, pasti bakalan setimpal dengan apa yang lo perjuangkan sebelumnya.. Damn! it's True :')

FYI, gw bukan orang Palembang, gw lahir dan besar di Tangerang Selatan. Untuk merantau ke Sumatra merupakan keputusan gw sendiri, ga ada campur tangan orang lain.

So.. sekarang gw udah jadi mahasiswi Kelautan di Unsri...! Bahkan sekarang gw udah masuk semester 6. Tiga tahun di tanah seberang, dan gw mampu ngelewatin itu semua dengan baik. Ga ada keluarga, ga banyak teman sekampung, dan ga kenal satupun orang Palembang...

Tempat yang tadinya bener-bener asing, sekarang malah udah akrab dan nyaman banget untuk gw tinggali. Seumur-umur gw ga pernah menginjakkan kaki di tanah Sumatra. Tanah yang kata orang penuh kengerian dan kehidupan yang keras. PFFFFT.... bohong ah. Orang-orang itu ternyata cuma asal ngomong aja. Justru di sinilah gw mendapatkan banyak pelajaran hidup, baik dari lingkungan maupun orang-orang yang gw temui. Mereka semua baik dan ramah, seperti orang Indonesia pada umumnya. Mereka semua tau tata krama dan etika, terlebih soal pertemanan. waw.. applause deh.

Merantau itu perlu, lo ga bakal pernah dapetin pengalaman dan pelajaran hidup yang jauh lebih berharga kalo lo terus-terusan nempel di punggung orang tua lo.. Jadi, jangan takut untuk merantau. Meninggalkan rumah dan pergi ke tanah seberang bukanlah pilihan terakhir, tapi jadikan itu pilihan pertama!

Gw tunggu lo di UNSRI....!!

Indralaya & Palembang

gw bareng temen-temen seperjuangan

Comments

  1. Halo ka, aku lastrina, camaba ilmu kelautan 2019, kak aku boleh tanya seputar jurusan ini dan kehidupan di sana ga? Aku juga dari tangsel tepatnya di ciputat. Makasih ka sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lastrina. Tetap lewat instagram aja ya: cassandrajck
      itu user name nya aku ubah dikit. sorry2
      Nanti dm aja, dan akan ku kasi kontak pribadi ku lewat situ :) Thx

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan