Mungkin KELAUTAN Adalah Jawabannya (bagian 4)

Hai! Gw Casandra, mahasiswi Ilmu Kelautan dari Universitas Sriwijaya, Palembang. Gw bukan orang Palembang, gw merantau seorang diri tanpa satupun keluarga disini. Sekarang gw udah masuk semester 6. Insya Allah wisuda tahun 2016. AMIN.
Sekarang gw bakal sharing tentang beberapa materi kuliah yang dipelajari mahasiswa Ilmu Kelautan.. Ini penting banget, terutama buat adek-adek yang masih galau mau kuliah di jurusan apa :)
di post sebelumnya, gw udah nyeritain berbagai mata kuliah pas semester 1 sampe 4.
So, sekarang lanjut ke cerita di semester 5 yaaa..
Mata kuliah di semester ini tuh ada Budidaya Rumput Laut, Instrumentasi Kelautan, Ekologi Laut Tropis, Manajemen Lingkungan dan Pesisir, Sosiologi Masyarakat Pesisir, Mikrobiologi Laut dan Oseanografi Fisika. Budidaya Rumput Laut ga beda jauh sama budidaya laut di semester sebelumnya. Bedanya cuma di objeknya aja. 
Terus ada Instrumentasi Kelautan. Disini, mahasiswa diajarin berbagai alat-alat kelautan yang bersifat elektronik. Selain mempelajari macamnya, kita juga diajarin berbagai komponennya, cara kerjanya, fungsi-fungsi dan kelebihan serta kekurangan dari alat-alat tersebut. Tujuan adanya kuliah ini sebenarnya agar nanti saat kita menggunakan alat-alat kelautan bakalan ga akan bingung lagi. Selain itu kalo kita nemuin kerusakan ringan pada alat, kita bisa benerin alat itu tanpa harus ke bengkel kelautan (memang ada loh bengkel khusus alat-alat kelautan). FYI bengkel ini fungsinya sama aja kayak bengkel kendaraan, yaitu untuk perawatan, upgrading hingga perbaikan kerusakan. Contoh alat-alat itu misalnya underwater robot, panel surya yang digunakan pada kapal katamaran, alat deteksi DNA plankton, alat penetralisir kadar salinitas, alat deteksi tsunami (TEWS) dan lain sebagainya.

Kemudian pada kuliah Ekologi Laut Tropis kita diajarkan berbagai hal mengenai ekosistem di Laut Tropis. Mulai dari jenis-jenis tumbuhan, biota, jenis substrat, karakteristik makhluk hidup penghuninya, hingga ke jaring-jaring makanannya. Kalau di kuliah Manajemen Lingkungan Pesisir dan Laut kita diajarkan mengenai berbagai masalah dan isu-isu yang terjadi di bidang kelautan, baik itu yang bersangkutan dengan SDA maupun dengan SDM. Dan disini kita diajak untuk memahami berbagai kasus dan bagaimana kita menemukan solusi terbaik untuk kasus/isu itu. Pokoknya di kuliah ini kita diajak untuk berpikir realistis dan kritis, supaya gampang nemu jalan keluar dari masalah :)

Nah... kalau di Sosiologi Masyarakat Pesisir, yang dibahas adalah mengenai masalah sosial, baik itu antar nelayan (penduduk pesisir), antara nelayan dengan pemerintah, maupun antara nelayan dengan perusahaan besar. Matkul ini berkaitan erat dengan Manajemen Lingkungan Pesisir dan Laut. Pernah ada satu tugas dari dosen gw, dimana tugas itu masuk sebagai nilai UTS kita. Tugasnya yaitu membuat film yang berkaitan dengan sosiologi masyarakat dan pesisir. Genre filmnya bebas, dan waktu itu kelompok gw ngambil genre dokumenter. Gw ngedokumentasiin keseharian nelayan bagan tancap di Selat Bangka. Ternyata bikin film dokumenter tuh ga gampang. Well, gw bakal nyeritain lebih lanjut mengenai film dokumenter gw di post selanjutnya yaa
Selanjutnya, ada kuliah Mikrobiologi Laut. Dari namanya aja udah ketahuan banget kan belajarnya apa aja? Ini merupakan pengembangan dari matkul Mikrobiologi di semester sebelumnya. Soalnya Mikrobiologi Laut ini khusus membahas mikroba laut.

Terakhir adalah Oseanografi Fisika. Ini nih mata kuliah favorit gw loh! Makanya gw tulis terakhir. The Last for The Best. Hehehe.. Matkul ini mempelajari berbagai parameter fisika yang mempengaruhi kondisi di lautan, misalnya aja suhu. Keliatannya emang simpel, tapi nantinya suhu ini bakal berkaitan sama banyak hal, contohnya arus, gelombang, curah hujan dan salinitas. Dan arus memiliki penjabaran yang lebih kompleks dari kedengerannya. Percaya deh, ini mata kuliah yang bener-bener ga gampang. Terus disini juga ada bagian itung-itungan loh. Namanya juga Fisika, mana mungkin bebas dari rumus. Tapi itung-itungan dan rumus yang dipake ga sesulit yang lo kira kok. Emang banyak sih, tapi kalo lo udah ngerti konsep utamanya, lo ga perlu lagi ngapal rumus mati-matian. Lo pasti bisa menjabarkan rumus itu dengan pengertian lo sendiri :)
Kata orang sih, ini salah satu matkul yang ribet, banyak yang ga suka. Gw juga awalnya kesel setiap kuliah Osfis (ini singkatan gaulnya :p). Tapi setelah gw dalami, ternyata asik banget! Dan gw selalu merasa puaaaass kalo udah ngerti satu materi osfis. Kalo udah ngerti satu logika, pasti bakal ngerti logika-logika lainnya. Karena semua hal yang terjadi di laut akan selalu memiliki "rantai".

Hmmm...
Kayaknya segini aja cerita gw buat lo semua. Untuk semester 6 dan seterusnya belom bisa gw ceritain, soalnya gw belom nyampe kesitu.. Insya Allah gw bakal nyeritain kisah di semester 6 pas bulan Mei nanti, okeeeee :D

Sekarang udah mulai ada bayangan kan tentang Ilmu Kelautan?? seru kan??
Jangan pernah takut nentuin pilihan. Masa depan tuh lo yang milih, bukan orang lain!
Gw tunggu lo di UNSRI...!!

salam
JALES VEVA JAYA MAHE
Indralaya & Palembang

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan