Mungkin KELAUTAN Adalah Jawabannya (bagian 2)

Hai! Gw Casandra, mahasiswi Ilmu Kelautan dari Universitas Sriwijaya, Palembang. Gw bukan orang Palembang, gw merantau seorang diri tanpa satupun keluarga disini. Sekarang gw udah masuk semester 6. Insya Allah wisuda tahun 2016. AMIN.

Sekarang gw bakal sharing tentang beberapa materi kuliah yang dipelajari mahasiswa Ilmu Kelautan.. Ini penting banget, terutama buat adek-adek yang masih galau mau kuliah di jurusan apa :)


Pertama kuliah pastinya mempelajari mata kuliah dasar, kayak Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kalkulus (ini nama lain dari matematika), Fisika Dasar, Kimia Dasar, Biologi Umum, dsb. Mata kuliah jurusan satu-satunya di semester ini cuma Renang, dan itu fun banget! Renang dengan teknik gaya bebas wajib dikuasai oleh mahasiswa/i kelautan. Selain itu juga ada teknik Apnea, yaitu berenang pada kolom hingga dasar air tanpa bernapas dalam jarak tertentu. Kemudian ada juga teknik Water Trappen yang merupakan posisi terapung dalam keadaan telentang di permukaan air. Terus kita juga bakal diajarin teknik Entry, yaitu posisi masuk ke dalam air dengan baik dan benar. Memang kedengeran susah, tapi tenang aja, ada senior yang sabar banget ngajarin kok, dan pastinya di bawah pengawasan dosen juga.


Masuk semester 2 mulai banyak mata kuliah jurusan, misalnya Selam, Pengantar Ilmu Kelautan dan Pengantar Ilmu Lingkungan. Sisanya masih mata kuliah dasar tahap kedua. Selam ini berupa teori dan prakteknya. Jadi, kita mempelajari sejarah, alat-alat, teknik pemasangan alat, sampai ke teknik penyelamannya. Waktu itu gw nyelam di kolam 5 meter, dan nanti pas udah semester 7 bakal ada penyelaman di laut bebassss loh! Prakteknya seru banget, dan teorinya juga mudah kok. Asal kita mengerti fisika sederhana yang diajarin pas di SMA, pasti kita ga bakal nemuin kendala yang berarti deh :)


Saat beranjak ke semester 3, barulah kehidupan sebagai mahasiswa kelautan bener-bener BERASA..!
Ada kuliah yang namanya Avertebrata Air, Pengantar Oseanografi, Ekologi Perairan, Biologi Laut, Pengolahan Data Perikanan dan Kelautan, Mikrobiologi, dan Dasar-Dasar Manajemen. Avertebrata Air tuh mempelajari anatomi, fisiologi, dan morfologi dari semua kelas Pisces secara umum. Pokoknya all about Biology deh, sama halnya dengan Biologi Laut. Kalo ekologi perairan ga beda jauh sama ilmu tentang ekosistem yang kita tau, bedanya ini ekosistem air yang dipelajari.

Lain halnya dengan Pengantar Oseanografi yang fokus sama ilmu fisika dan kimia. Tapi namanya juga pengantar, artinya kuliah ini mempelajari dasar-dasar dari ilmu Oseanografi itu sendiri. Kita bakal mengerti tentang pentingnya temperatur, salinitas, densitas, arus, gelombang, nutrien dan faktor fisika-kimia lainnya yang sangat mempengaruhi "cara kerja" laut. Disini kita harus benar-benar paham mengenai hal-hal tersebut, agar nantinya ga kerepotan pas belajar Oseanografi Fisika dan Oseanografi Kimia di semester selanjutnya. Selain itu, di praktikum Pengantar Oseanografi ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai software pengolahan data untuk menginterpretasikan dan menganalisa kondisi di suatu perairan. Perlu kalian tahu, kalo anak kelautan juga bakalan sering make software dalam mengolah data. Soalnya, kalo udah ngomongin data, bakal banyak banget input data yang kita punya, bisa sampe ribuan data loh! Data-data ini ga mungkin banget dikerjakan secara manual. FYI, contoh data itu misalnya data angin, data tinggi gelombang, data pasang surut, data arus, data suhu, data salinitas, dan sebagainya. Emang kedengeran susah, tapi kalo udah dijalanin ternyata asik loh!

Oiya, mengenai pengolahan data, juga diajarkan dalam mata kuliah Pengolahan Data Perikanan dan Kelautan. Kuliahnya simpel, kita diajarin pake program Microsoft Excel lengkap dengan logika matematika dan berbagai formulanya. Kalo ini sih kayak kita ngulang pelajaran SMA aja kok :).. Masih di semester 3, kita juga akan ketemu dengan Mikrobiologi. Tapi disini, yang dibahas adalah mikroba secara umum. Nantinya mengenai mikroba laut juga akan di pelajari dalam kuliah Mikrobiologi Laut di semester berikutnya. Terakhir, Dasar-Dasar Manajemen. Kenapa sih anak kelautan belajar manajemen juga? Soalnya, kelautan bukan melulu soal eksak, tapi lulusan kelautan juga mesti handal dalam melakukan penataan wilayah laut dan pesisir beserta SDM dan SDA nya. Bahkan di semester 5 nanti akan ada kuliah Manajemen Lingkungan Pesisir dan Laut loh :)

Nah.. cukup segitu dulu ya perkenalan dengan mata kuliah Kelautan. Nanti di post berikutnya bakal gw lanjutin ke matkul-matkul di semester 4 dan 5 yang ga kalah serunya!

Gw tunggu lo di UNSRI...!!


salam
JALES VEVA JAYA MAHE
Indralaya & Palembang

Comments

  1. Hai kak, boleh minta email, atau medsos yg lainnya ga? Please, mau nanya seputaran kelautan:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ternyata kamu udah lama komen disini yaa. sorry aku baru baca :'D

      Delete
    2. kaa bagi kontak nya dong, mau nanya2 lebih dlm ttg ilmu kelautan hehe.. email boleh kaaa

      Delete
  2. Kk ini dika camaba ilmu kelautan unsri ☺2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dika, salam kenal. Email dari kamu baru aja aku balas. maaf ya agak lama

      Delete
  3. Hai kak, suka bgt sm artikela kk menginspirasi kak. Oya kak bleh nanya gak? Kalo di ilmu kelautan itu emang harus bisa berenang ya kak? Soalnya aku gak bisa berenang tp tertarik dgn ilmu kelautan

    ReplyDelete
  4. Hallo Tissa.. salam kenal dan terima kasih sebelumnya :)
    iya mhs/i Ilmu Kelautan wajib bisa berenang.. tapi jangan takut, nanti akan ada kuliah renang dan selam.. disitu kamu bakalan diajari renang sampai bisa :) dulu banyak temen2ku yang ga bisa dan takut banget berenang, tapi sekarang gak lagi kok :) tenang aja ya

    ReplyDelete
  5. Kak bagi email dong kak mau nanya nanya nih makasih kak

    ReplyDelete
  6. hai kak, saya lolos ilmu kelautan di unud. saya minat jurusan ini tapi saya takut laut karna gabisa brenang. minta sarannya kak kira" saya ambil atau ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu berminat, ambil saja. Ga perlu ragu. Dulu temen2 ku banyak yg ga bisa renang. Jangankan laut, latihan di kolam renang pun takut. Tapi dimana ada niat, disitu ada jalan. Buktinya, skrg mereka bisa berenang dan ga takut laut. Semangat 😊

      Delete
  7. hai ka.. aku minat jurusan kelautan kaya gtu.. minat nya cman direnangnya doang ka, tapi kalo ada pelajran fisika ama kimianya juga jd mikir 2x lg deh, masalahnhya aku bego bngt dlm pljrn fisika n kimia wkwk :( semoga thun depan bisa lulus un dan masuk jurusan yang ada renangnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh kamu suka olahraga renang ya Prita? :D kalau kelautan tuh sains banget, pasti ketemu sama fisika dan kimia. Sayang sekali, itu pelajaran2 yang ga bisa dihindari :'D kalau kamu suka berenang dan ga suka sains, mungkin pendidikan jasmani lebih tepat untuk kamu :D kalo kami lagi renang kadang ketemu juga sama anak2 dari jurusan penjas di kolam renang :D hehehe

      Delete
  8. Assalammualaikum kak. aku mau nanya dong, jadi gini yah kak, kan difakultas Ilmu dan teknologi kelautan ini kan ada mapel fisikia, kimia, dan biologi, sedangkan UN ditahun 2017 mata pelajaran IPA cuman diperbolehkan memilih satu diantara Fisika, kimia dan biologi, kira kira aku harus ngambil apa yah kak pas UN nanti, fisika, kimia atau biologi kak? mohon jawabnnya yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Tia.. oh sekarang sistemnya gitu yah, aku baru tau :o Fisika aja deh menurut aku. Soalnya kamu mau pilih ilmu dan teknologi kelautan. menurut aku, pasti banyak menyinggung soal fisika :D semangat yaaa

      Delete
  9. halo kak, aku lulusan smk nih, tp aku pengeen banget masuk jurusan kelautan.
    gimana ya kira2 solusinya ? apa aku harus vakum setahun trus belajar dulu baru ngikut taun dpn ?

    ReplyDelete
  10. Wooow keren.. SMK apa kalau boleh tau? Ga harus vakum dulu sih, belajar dari sekarang juga pasti masih terkejar kok, asalkan kamu serius. Tips dari aku kalau ikut ujian tulis nasional (kalo ga salah namanya SBMPTN ya?): wajib belajar bahasa inggris lebih banyak. kenapa? Karena SANGAT banyak pelajar Indonesia yang minus di bahasa inggris dan ini bisa menjadi poin PLUS buat kamu. Dan untuk pelajaran IPA nya coba untuk menguatkan di salah satu mata pelajaran aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualikum kak maaf mengganggu kak aku mau nanya"
      Aku kan juga dari smk jurusan teknik komputer dan jaringan. Aku pengen masuk jurusan oceanografi tpi dari smk bisa gak kak ?

      Delete
    2. setahu aku tetap bisa. tapi kamu lewat jalur tes tulis (SBMPTN kalo ga salah). nanti ada pilihan IPA/IPS/UPC. nah nanti kamu pilih IPC. Gitu ya setau aku...

      Delete
  11. Ka mau tanya, sekarang kaka kan udah Lulus? Nah prospek kerjanya gampang engga si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali sekarang aku belum lulus. tapi kalau aku melihat teman2 dan senior ku yg udah lulus lebih dulu, lancar kok.. terutama untuk yang kerjanya survey/berlayar itu lebih banyak :)

      Delete
  12. kaa boleh bagi kontaknya ga? mau nanya2 lagi lebih dlm ttg ilmu kelautan hehe email boleh ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo Naomi :) ini email aku: saveourearth.jacko@gmail.com
      atau bisa langsung add line aku: casandra35
      ditunggu ya Naomi :)

      Delete
  13. Halo mba casandra,
    saya tertarik dengan ulasan singkat tentang Ekologi perairan. diatas mba menulis "ekologi perairan ga beda jauh sama ilmu tentang ekosistem yang kita tau, bedanya ini ekosistem air yang dipelajari."
    saya ingin tanya , apa sih yg menjadi faktor dominan didalam ekologi perairan? dan apakah faktor dominan trsebut mempengaruhi sifat fisik dan perilaku ekosistem didalamnya?

    ReplyDelete
  14. Hai kak, aku calon mahasiswa kelautan unsri nih. dan postingan kakak ini menginspirasi bgt. tahun ini udh lulus blm kak ? salam kenal ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo maaf aku udah jarang buka blog. skrg aku udah lulus dan udah kerja.. salam kenal juga Nuril :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Hai kak, aku dari jurusan ips dan minat buat masuk kuliah di ilmu kelautan karna aku liat di indonesia masih jarang bgt ditemui org2 yg mau masuk kuliah kelautan dan prospek kerjanya seru, kuliahnya asik. Tapi masalahnya kan aku anak ips nih harus belajar mendalami pelajaran ipa lagi dong berarti kalo mau masuk ilmu kelautan? Dan gimana tenggepan dr kk soalnya aku sndri kurang pandai berenang kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kelautan belajar ipa semua.. sains banget lah pokoknya... asalkan kamu mau belajar, harusnya ga masalah. :)
      kalo berenang nanti kan diajari sama senior.. jangan takut ya

      Delete
  16. Hai kak, aku camaba ilmu kelautan Unsri. Makasih banyaaakkk karena postingan2 kkk bikin aku jadi tambah yakin untuk ngambil jurusan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. aku bersyukur blog aku bisa bermanfaat bagi orang banyak. tetap semangat ya!

      Delete
  17. hy ka aku mau tnya2 seputar ilmu kelautan boleh minta email nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry br bls ya. saveourearth.jacko@gmail.com

      Delete
  18. kak bedanya jurusan ilmu kelautan sama oseanografi apa? makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oseanografi khusus belajar ttg sifat2 fisik dan kimia laut, dinamika laut, dsb. sedangkan ilmu kelautan cakupan nya lebih luas, mempelajari sosial ekonomi pesisir, manajemen lingkungan pesisir, bahkan sampai ke bioteknologi..

      Delete
  19. Replies
    1. di kementerian, penyuluhan perikanan, dinas kelautan, BMKG, dan instansi pemerintah sejenisnya. ada jg yg di pelayaran, perkebunan, migas, konsultan, pelabuhan, dock perkapalan

      Delete
  20. Halo ka sandra, aku udah line kakak, aku mau tanya lebih lanjut seputar jurusan ini. Tolong di bales ya kak hehe. Makasih kak sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lastrina. Tetap lewat instagram aja ya: cassandrajck
      itu user name nya aku ubah dikit. sorry2
      Nanti dm aja, dan akan ku kasi kontak pribadi ku lewat situ :) Thx

      Delete
  21. Haloo ka selamat malam aku boleh mnta e-mail kaka gak, ada yg mau aku tnya"n soal ilmu kelautan

    ReplyDelete
  22. Kak kalo mata minus boleh masuk ke jurusan ini gak?😂

    ReplyDelete
  23. boleh. ga ada larangan kok 😂

    ReplyDelete
  24. Renang nya ga perlu jago jago banget kan ka, kalo cuman bisa gaya bebas doang gimana ka? Wkwkk

    ReplyDelete
  25. hai kak,terimakasih bermanfaat banget 😊 semoga saya lulus di kelautan yah kak hihi,dan baru baca ini🤣membuat saya semakin yakin buat milih kelautan,btw aku boleh minta akun Instagram Kaka ga?

    ReplyDelete
  26. Hai haiiii terimakasih udah baca blog iniiii.
    Ini Instagram ku: @cas.s.a.n.dra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, ig nya masih itu atau udah berubah username nya kak? Soalnya ak mau dm mau nanya2 bolrh kan kak

      Delete
    2. Masih sama. Langsung DM aja yaaa. Ditunggu 😀

      Delete
  27. Replies
    1. Researcher (government), GIS, ship manufacture, freight forwarding, consultant oil & gas, oceanography surveyor, etc.

      Semangat!!

      Delete
  28. Kak saya tria imelda seorang pelajar kelas 2 SMA saya berharap lulus nanti bisa masuk unsri jurusan ilmu kelautan tetapi ortu sya menyuruh untuk mengambil di lampung kak karena asal sya dri lampung tolong kak minta pendapat kk
    Dan sya tau pasti kk sudah lulus dan menjadi orng yg sukses plis kak butuh respon dri kk krena ini menyangkut masa depan ku kak aku butuh bnyak informasi trimaksih kak sblum nya
    Salam: Tria imelda (lampung tengah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu yakin banget, ambil aja kelautan.. tapi sebelumnya tanya dulu orangtua mu, apa alasan beliau mengarahkan kamu utk kuliah di Lampung? Coba ntar kasi tau aku jawaban ortu mu, baru aku bisa kasi saran

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan