Anak Kelautan Kerja di Sektor MIGAS!

Hai! Gw Casandra, PERNAH jadi mahasiswi Ilmu Kelautan di Universitas Sriwijaya, Palembang. Gw bukan orang Palembang, gw merantau seorang diri tanpa satupun keluarga disini. Sekarang gw udah lulus dan punya gelar S. Kel di belakang nama gw :")
Gw bakal sharing tentang perjuangan gw di semester akhir sampe akhirnya gw bisa dapet pekerjaan di salah satu perusahaan migas asing.

Jadi begini.. gw masuk kuliah tahun 2012 dan lulus di tahun 2017. Masa studi gw cukup lama, yaitu 5 tahun 3 bulan. (kalo kalian mau tau cerita kehidupan kampus gw waktu itu, silahkan baca di post sebelumnya ya). Lamanya waktu kuliah membuat gw berpikir keras gimana caranya bisa cepat dapet kerja. Karena intinya gw ga mau waktu gw terbuang "lagi" hanya untuk mencari pekerjaan.

Menjelang sidang, gw udah selesai bikin CV :). Ini langkah awal yang gw kerjain untuk bikin semangat gw balik lagi. Well, lo mesti tau kalo tahun-tahun terakhir kuliah adalah masa yang benar-benar berat. Dan gw harus bilang, kalo saat itu gw hampir beberapa kali kehilangan semangat :") Trust me, jangan biarkan putus asa mengambil alih hidup kalian!

Setelah cv gw selesai, gw mulai nyari lowongan kerja di beberapa situs pencarian kerja. Saat itu sama sekali ga kepikiran sidang. Malah gw pengen itu cepat berlalu aja, biar ga ganggu konsentrasi gw nyari kerja. Udah bosen banget sama urusan skripsi. Waktu itu secara ga sengaja banget gw nemu iklan lowongan kerja di jobs DB atau jobstreet gitu, untuk posisi acoustic engineer di perusahaan migas asing. Tapi sayang banget, lowongan itu udah tutup sejak April 2017, dan saat itu udah bulan September 2017. Gw ga putus asa disitu, karena gw ngerasa kalo posisi itu cocok sama ilmu yang gw kuasai. Selanjutnya, gw bookmark page soal lowongan itu. Waktu berlalu, gw harus mempersiapkan diri untuk sidang dan segala macem persoalan administratif. Seketika gw lupa soal lowongan kerja itu! Singkat cerita, sidang selesai, revisi selesai, dan daftar wisuda juga udah selesai. Akhirnya gw kembali inget sama lowongan kerja yang waktu itu.

Iseng-iseng, gw cari website perusahaan itu lewat google, dan ketemu. FYI, perusahaan ini ga terkenal di Indonesia, jadi gw sama sekali ga pernah denger nama perusahaan itu sebelumnya. Setelah gw telusuri website mereka, disitu gw nemu lowongan kerjanya langsung! Gila gak sihhh itu tuh emang rejeki gw banget tau ga! Yaudah, langsung aja gw kirim CV ke email yang tercantum disana, tentunya setelah gw baca dengan seksama perihal job descriptionnya. Setelah itu gw menjalani hari-hari seperti biasa, tanpa berharap lebih. Tapi gw tetep berusaha cari lowongan sana sini. Entah berapa ratus email yang udah gw kirimin CV dan surat lamaran kerja :') yang pasti itu bukan waktu yang singkat dan gak semudah yang gw bayangin. Intinya harus berusaha maksimal aja.

Akhirnya datang juga hari itu. Hari dimana gw dapet salah satu kabar yang paling membahagiakan dalam hidup gw. Gw buka email, dan ada balasan dari perusahaan yang pernah gw kirimin CV itu! Itu adalah perusahaan migas yang dari awal tadi gw ceritain disini. Setelah kami berbalas email, mereka minta waktu gw untuk ngobrol langsung lewat telepon. Bismillah, gw kasi kontak whatsapp ke mereka. Keesokan harinya gw dapet telepon dan kita ngobrol santai seputar posisi yang gw lamar itu. Tanpa gw sadari, sebenernya itu adalah sebuah interview kerja. Saking senengnya, gw ga mikir kalo itu adalah interview lewat telepon. Di akhir obrolan, gw diminta untuk dateng langsung ke kantor mereka yang berlokasi di Pekanbaru, Riau. Tentunya, biaya akomodasi ditanggung oleh mereka, karena saat itu gw berdomisili di Indralaya (1 jam dari Palembang).

Gw berangkat ke Pekanbaru naik pesawat yang harganya gak murah dan itu bener-bener bikin gw seneng setengah mati..! Walaupun ada juga perasaan gugup dan khawatir kalau ekspektasi gw berlebihan. Sampai di bandara Pekanbaru, gw dijemput langsung sama mereka dan diajak makan sambil ngobrol-ngobrol. Setelah makan siang, kami pergi ke kantor sama-sama. Tujuannya, supaya gw tau kondisi kantor yang bakal gw tempati nantinya. Pokoknya sepanjang hari itu kami ngobrol santai seputar pekerjaan yang gw lamar. Mereka senang sekaligus bingung karena jarang ada perempuan yang ngambil konsentrasi di bidang hydroacoustic. FYI, gw adalah satu-satunya perempuan di kantor itu! Seneng dan bimbang campur aduk. Seneng karena gw emang lebih suka bergaul sama laki-laki dibanding perempuan. Bimbang karena gw paham banget kalo resikonya gw ga bakal punya temen perempuan.

Kesempatan ga datang dua kali. Cari kerja ga semudah cari pacar, dan karena hidup itu butuh uang, makanya gw langsung setuju bekerja untuk mereka. Dengan segala macam pertimbangan tersebut, gw ga peduli lagi sama resiko-resiko lain. Pokoknya yang penting gw udah dapet kerja sebelum wisuda dan gw bisa ngasi kabar baik ke orang tua gw :)

Sekarang, gw udah resmi menjadi seorang acoustic engineer. Baru sebulan gw tinggal di Pekanbaru, dan ga ada satupun penyesalan yg gw rasain dalam hidup gw. Dulu, banyak orang yang meragukan keputusan gw kuliah di jurusan ILMU KELAUTAN. Apalagi, kampus yang gw pilih adalah UNIVERSITAS SRIWIJAYA, yang notabenenya bukan kampus TOP 10 di tanah air. Tapi detik ini, gw bisa ngebuktiin sama semua orang yang meragukan gw, dengan kasi liat ke mereka kalo ANAK KELAUTAN BISA KERJA DI SEKTOR MIGAS. Itu cukup untuk membuka mata mereka lebar-lebar, kalo sejatinya INDONESIA ADALAH NEGARA MARITIM, JADI JANGAN MACAM-MACAM SAMA ANAK KELAUTAN..!!

Sebagai penutup, gw mau sampein ke adik-adik sekalian, yang masih galau pilih jurusan kuliah ataupun yang masih ga punya tujuan hidup. Mulai hari ini, setelah kalian baca blog yang gw tulis ini, kalian harus mau jadi PEJUANG. Karena hidup kita ga akan pernah berubah kalo kita ga mau berjuang. Hasil akhirnya bagus atau nggak, itu bukan hal yang harus kita pikirin, yang penting berjuang aja! Tuhan tidak tidur dan TUHAN MAHA ADIL. Itu yang harus kita ingat.

MERANTAU LAH, KARENA MERANTAU BISA MERUBAH NASIB.
(Hal ini juga disampaikan oleh Rasulullah SAW)

Asal usul lo ga ngaruh apa-apa sama kelanjutan hidup lo. Karena hidup adalah tentang PILIHAN. Kita sendiri yang bikin hidup kita baik atau buruk. Jangan pernah menyerah sama NASIB.

TAKDIR MEMANG TIDAK BISA DIUBAH, TAPI NASIB BISA.
Gw ditakdirkan lahir dari keluarga yang biasa-biasa aja. Gw punya bokap nyokap yang pekerjaannya gak keren. Tapi gw berhasil merubah nasib gw lebih baik, dan juga mengangkat derajat orang tua gw.
Kalo tujuan lo baik sejak awal, hasil akhirnya juga pasti baik.

That's all. Cuma itu yang bisa gw sampein hari ini. Di postingan selanjutnya, gw bakal jelasin secara lebih detil mengenai profesi yang gw jalanin sekarang. Semoga kalian semua bisa terinspirasi dari cerita gw dan mau menjadi pejuang sama seperti gw :)

Good luck guys. Jangan menyerah sama nasib ya!

Casandra
Anak Kelautan UNSRI angkatan 2012






Comments

  1. Kak Terimakaasih atas semua tulisan tulisan yang kakak rangkum diblog ini .aku camaba unsri ilmu kelautan jalur snmptn kak . Skrg aku sangat yakin tentang jurusan yang telah kk pilih ,dari semua org yg mnnyakan ttg ilmu kelautan ,Rata" bnyak yg mncemooh dan bnyak juga yg meragukan.aku yakinn aku bisa membuktikan kalo ilmu kelautan itu ga semeragukan yg mereka pikirkann. Trimakasih tulisanya ya kak sangatt mmbantu bgt

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah.. selamat yaa! kakak bersyukur tulisan ini bisa membantu kamu membuat pilihan.. semoga kamu bisa lulus dari kelautan unsri dengan membanggakan orang tua mu juga berguna bagi bangsa dan negara. feel free untuk nanya2 seputar kelautan sama kk ya :) Jalesveva Jayamahe

    ReplyDelete
  3. Btw kak utk nanya" lagi boleh ga aku mnta id line kaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga ada line. instagram aja yaaa.. casandrajck
      lewat dm aja ya nanti

      Delete
    2. Halo kak, aku udah chat kakak ke line yg pernah kakak cantumin di blog ini. Pas aku liat replies ini ternyata ga dipake lagi:( aku cari instagram kakak juga ga ada. Aku bisa hubungi lewat mana ya kak? Makasih kak

      Delete
    3. Halo Lastrina. Tetap lewat instagram aja ya: cassandrajck
      itu user name nya aku ubah dikit. sorry2
      Nanti dm aja, dan akan ku kasi kontak pribadi ku lewat situ :) Thx

      Delete
  4. Keren neng, baru baca Aku 😂😂
    Semangat neng, "Make something better more then people knows about who you are" (Ngemeng apose)

    ReplyDelete
  5. awww thank you donskaaay. you make me feel valuable.. may Allah always be with you!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan