Setelah Lulus (Bagian 1)

Hai! Gw Casandra, PERNAH jadi mahasiswi Ilmu Kelautan di Universitas Sriwijaya, Palembang. Gw bukan orang Palembang, gw merantau seorang diri tanpa satupun keluarga disini. Sekarang gw udah lulus dan punya gelar S. Kel di belakang nama gw :")

Hallo! Setelah sekian  lama akhirnya masukin post baru lagi. Hehe.
Saat ini gw udah nyelesain masa studi dan bekerja di perusahaan swasta bidang maritim. 5 tahun merantau itu bukan waktu yang sebentar sih. Kadang kalo keinget, baru nyadar kalo itu lumayan lama. Harusnya gue udah bikin KTP Palembang kali ya haha.

Banyak banget suka duka selama hidup di tanah rantau. Ga nyangka juga ternyata bisa melalui semua itu, meskipun dengan banyak kekurangan disana sini. Mungkin di post kali ini gue bakal lebih curhat kali ya. Semoga curhatan gue ini tetep bisa dijadiin motivasi atau inspirasi deh, bukan yang sebaliknya yaa. amin.

Untuk adik-adik yang membaca tulisan gue, dan berencana kuliah di luar kota atau merantau dengan tujuan mulia apapun, tolong ingat yang satu ini ya: IT WONT BE EASY.
Sedih karena jauh dari orangtua, perbedaan budaya, masalah finansial, dsb itu bakalan selalu nemenin hari-hari kalian :) Wow gue inget 6 bulan pertama di Palembang adalah masa-masa paling sulit. Setiap malam nangis karena ga terbiasa ngapa-ngapain sendirian, ga ada yang bangunin tidur, ga ada yang nyiapin makan, dan ga ada yang bisa dipeluk pas lagi sedih.
Terima kasih ya Allah karena aku bisa survived.

Tapi itu baru permulaan sih. Lulus dari bangku perkuliahan ternyata cobaan nya lebih parah lagi. Kalo kata orang-orang Welcome to the Jungle :) Yaaa emang cocok sih dibilang begitu. Karena baru berasa kehidupan nyata yang teramat keras. Disitu udah mulai berlaku hukum alam, yaitu soal yang kuat memangsa yang lemah. Pokoknya pas gue masuk ke dunia kerja, gue baru nyadar, "oh begini yaa yang selama ini dialami orang dewasa. Orangtua gue tangguh juga ya ternyata". Intinya gue baru nyadar kalo hidup itu butuh untuk dijalani dengan tekad pantang menyerah. Karena yaa cuma semangat aja yang kita bisa. Mau gimana lagi coba? haha

Semasa duduk di bangku perkuliahan, rasanya sangat amat menyenangkan. Rasanya impian sangat mudah untuk dicapai. Rasanya apapun bisa dilalui dengan niat dan semangat belajar yang kuat. Waktu itu gue jauh banget dari bayangan realita, atau mungkin hal ini bukan cuma dirasain sama gue? Mungkin semua pelajar merasakan hal yang sama? 
Begitu memasuki dunia kerja alias ketika gue udah ga menyandang status pelajar lagi, baru terasa kalau menggapai impian itu adalah hal yang teramat sulit. yaiyalah sulit. Mau yang gampang? Makan bubur aja :)) lol

Agak susah juga sih ngejelasin sulitnya gimana. Intinya kalo pas jadi pelajar, lo cuma diminta fokus belajar. Tapi ketika lo udah jadi orang dewasa yang sesungguhnya, selain mesti fokus belajar (menggapai impian, mengembangkan skill, karir, etc), lo juga mesti mikirin finansial. Hehehehehehe.
Disitu kali ya sulitnya. Makanya pesan gue buat adik-adik sekalian, disaat kalian hanya diminta untuk fokus belajar, maka lakukanlah! Karena itu sangat mahal harganya.
Jangan pernah sia-siakan kesempatan kalian untuk menggapai impian selama masih menjadi pelajar. Kalo udah masuk dunia kerja, lain lagi ceritanya. Emang bener sih kalo dibilang pelajar itu istimewa. Karena itu adalah masa-masa dimana kalian bisa menjadi apa saja dan menggapai apapun dengan kesempatan yang terbuka lebar!

Saran gue, selagi jadi mahasiswa, tolong produktif. Melakukan apapun yang positif, membuat perubahan kecil yang berarti, dan berguna bagi masyarakat. Berani lah untuk bermimpi, karena mimpi itu gratis kan? Buat banyak rencana untuk masa depan. Kalau sulit diwujudkan pun tak apa. Orang yang hidupnya terencana aja kadang masih suka berantakan dalam kenyataannya. Gimana dengan orang yang tidak punya rencana sama sekali ? :)












































Comments

  1. jadi termotivasi euy..
    olipkuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg jadi termotivasi buat nulis lagi :") bocilkuu

      Delete
    2. love ya cass

      Delete
    3. love you too tom. kenapa namanya ada Mayurnya siihhh

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 1)

Keadaan Desa Sungsang, Sumatera Selatan (bagian 2)

Flashback ke Semester 3 - Serunya Kelautan